Kapan terakhir kali kamu terkesima dengan sebuah iklan? Entah saat tak sengaja melihatnya di televisi, di billboard saat terjebak macet, di sela-sela Instagram story, atau mungkin di awal video YouTube jika kamu bukan pengguna premium? Apa pun iklannya dan di mana pun kamu melihatnya, pernahkah kamu penasaran tentang proses di belakang layar yang harus dilalui advertising agency Indonesia saat memproduksi iklan tersebut?
Untuk mengobati rasa penasaran ini, Idenya Flux akan membantu mengulik 5 resep rahasia campaign iklan yang sukses. Sebagai informasi, Idenya Flux adalah advertising agency Indonesia yang telah mengantongi portofolio berisi lebih dari 168 campaign. Daftar panjang klien Idenya Flux berisi brand nasional dan multinasional, termasuk XL Axiata, Lion Parcel, Mandiri, Orang Tua Group, Coway Indonesia, Flip, Tiket.com, Kimia Farma, hingga Pizza Hut.
Deretan Iklan Sukses Garapan Idenya Flux
Beberapa di antaranya adalah video pendek untuk XL Axiata bertajuk Pesan untuk Raka yang sukses mengurai air mata penonton, terlebih karena video pendek tersebut dibuat berdasarkan kisah nyata. Ada juga iklan Mandiri yang singkat, padat, dan punya daya tarik visual yang ciamik.
Dari segi kematangan konsep, kamu bisa simak iklan Bank Mega yang bertema serba magis dan meriah seperti negeri dongeng dengan sentuhan lokal yang familier. Ada lagi konsep sinematik penuh laga pada iklan Lion Parcel yang dibintangi Joe Taslim. Jangan lupakan juga iklan Amartha yang menjadi pemberdaya para ibu yang punya usaha.
Tak sah jika membicarakan sukses tanpa angka. Campaign iklan #GaPakeNanti untuk BNI, yang dibintangi Luna Maya, terbukti sukses menghasilkan kenaikan transaksi sebesar 54.2% di kuartal II tahun 2021. Kenny Kwanto, selaku CMO Lion Parcel, juga turut memberikan testimoninya, “Brand awareness kami mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 11.36% dalam 3 bulan sejak Idenya Flux menangani campaign Lion Parcel.”
5 Tips Campaign Iklan Sukses ala Advertising Agency Indonesia
Sebelum membahas rahasia campaign iklan yang sukses, pastikan bisnismu sudah punya kesiapan yang cukup, terutama jika ini adalah campaign iklan perdana. Cari tahu sejauh mana tahapan yang bisa diselesaikan sendiri, serta kapan bisnismu butuh jasa advertising agency Indonesia.
Berikut daftar checklist esensial yang perlu dipersiapkan sebelum kamu memutuskan untuk membuat campaign iklan.
- Buat alokasi budget yang realistis
- Breakdown tujuan dan kendala yang dihadapi
- Tentukan channel iklan yang tepat
- Susun key performance indicator (KPI)
- Buat timeline campaign sespesifik mungkin
Sudah memenuhi kelima checklist di atas? Sekarang saatnya kita membahas 5 rahasia campaign sukses ala advertising agency Indonesia Idenya Flux.
1. Maksimalkan Visual & Copywriting
Mari kita akui, kalau, ujung-ujungnya, kesuksesan eksekusi iklan berakar dari aspek visual dan penulisan copy.
Dari segi visualisasi, pastikan teknik pengambilan gambar sudah tepat. Perhatikan juga keselarasan visual iklan dengan branding yang selama ini ditampilkan oleh brand tersebut. Jangan lupa sesuaikan visual dengan jenis platform, misalnya dari segi resolusi dan ukuran yang ideal.
Pertanyaan selanjutnya, apa yang perlu dioptimasi dalam hal penulisan copy, seperti script iklan atau tagline?
- Manfaatkan formula copywriting yang paling sesuai.
- Buat headline yang menarik perhatian di 3 detik pertama.
- Tulisan copy dengan nada yang interaktif dan persuasif.
- Utamakan tipe copy yang sudah melewati A/B testing.
- Gunakan teknik storytelling supaya unik.
2. Tempatkan Iklan dengan Strategis
Kendala utama dalam penayangan iklan perdana biasanya ada di tahap media buying. Proses ini termasuk mencari lokasi yang strategis hingga melakukan negosiasi harga yang menguntungkan.
Kabar baiknya, Idenya Flux mempunyai agensi media buying tersendiri, yaitu Impressive Media Agency. Kamu tak perlu repot lagi karena tim Idenya Flux yang akan menangani semua kebutuhan media buying untuk iklanmu.
Lalu apa lagi yang perlu diperhatikan saat menentukan penempatan iklan yang strategis? Berikut 3 hal penting yang wajib kamu catat.
- Pilih channel iklan yang paling sesuai dengan target audiens dan KPI yang sudah ditetapkan.
- Maksimalkan jangkauan berdasarkan promosi antar channel.
- Pertimbangkan platform online dan offline jika ingin hasil yang optimal.
3. Buat CTA yang Memancing
Meski masih seputar tentang copywriting, poin ini sengaja dipisah karena call to action (CTA) harus diprioritaskan dengan lebih serius. Pasalnya, terkonversi atau tidaknya sebuah iklan sangat dipengaruhi oleh efektivitas CTA.
Saat memberi arahan pada copywriter, pastikan kamu menggarisbawahi 4 poin ini.
- Tulis CTA sesingkat, sepadat, dan sejelas mungkin.
- Sertakan penawaran yang paling menjual.
- Masukkan kata ganti orang kedua, misalnya “kamu”.
- Picu urgensi dengan power words.
4. Budgeting dan Tracking
Sebelum menuntaskan poin ini, pastikan kamu tahu dulu cara memilih agensi sesuai budget yang kamu punya. Setelah itu, catat baik-baik beberapa hal ini.
- Buat penganggaran dengan detail alokasi.
- Perhatikan penyimpanan dan keamanan dana.
- Lakukan negosiasi sebelum tanda tangan kontrak dengan vendor.
- Sisihkan sebagian budget untuk kebutuhan tak terduga.
- Monitor efektivitas biaya berdasarkan KPI, performa, dan ROI.
5. Tanggap Pada Perubahan Pasar
Inovasi dan fleksibilitas adalah segalanya dalam strategi. Untuk tetap relevan di mata target audiens, lebarkan mata serta telinga dan bacalah peluang yang ada di sekitar.
Sekurang-kurangnya, empat hal inilah yang membuat advertising agency Indonesia dapat menciptakan iklan yang sukses.
- Selalu perhatikan tren industri dan seleksi tren mana yang paling sesuai dengan nilai dan tujuan bisnismu.
- Segera buat penyesuaian strategi begitu melihat adanya perubahan pasar yang berpotensi meningkatkan visibilitas.
- Pastikan untuk peka terhadap langkah kompetitor agar bisnismu tak kehilangan daya saing di industri.
- Terus kembangkan inovasi dan kreativitas dengan ide-ide segar yang out of the box.
Rekomendasi Advertising Agency Indonesia Terbaik 2023
Iklan adalah tulang yang penting untuk membentuk kerangka marketing yang kokoh. Tanpa konsep, strategi, dan eksekusi yang matang, campaign iklan berisiko membawa bisnismu pada kerugian materiel, seperti budget marketing yang tidak efektif, maupun kerugian non materiel, seperti turunnya daya saing di antara kompetitor.
Inilah kenapa kamu harus tahu cara memilih advertising agency yang tepat agar keberlangsungan bisnismu tak harus dikorbankan. Dirintis sejak 2006, Idenya Flux advertising agency Indonesia kawakan yang menjamin campaign iklanmu direncanakan, diproduksi, dan dijalankan sesuai target.
Siap meroketkan bisnismu dengan iklan yang berkualitas dan menjual? Segera kirimkan brief melalui formulir yang tersedia di laman ini. Untuk respons yang lebih cepat, langsung ajukan pertanyaanmu via WhatsApp!