Konsep dan rencana campaign sudah siap. Tim marketing in-house sudah memproyeksikan iklan jenis apa yang dibutuhkan bisnismu. Bagian keuangan juga sudah mengalokasikan sejumlah dana untuk membayar vendor dan biaya produksi iklan. Pertanyaannya, dari mana kamu tahu apakah bisnismu benar-benar butuh jasa perusahaan iklan Indonesia?
Bagaimana jika ternyata tim in-house yang kamu miliki masih bisa menangani campaign iklan yang kamu rencanakan? Kamu mungkin berpikir, bukankah tim internal lebih efisien ketimbang mempekerjakan tim dari agensi? Tak perlu bingung lagi, ada setidaknya 9 hal yang menandakan kalau ini saat yang tepat bagi bisnismu untuk mulai menggunakan jasa perusahaan periklanan Indonesia.
Apa Itu Perusahaan Iklan?
Perusahaan periklanan adalah jenis perusahaan jasa yang menyediakan layanan seputar perencanaan, pembuatan, dan pemasangan iklan dan promosi. Jasa perusahaan iklan dibutuhkan oleh bisnis, organisasi, hingga individual untuk mempromosikan produk, jasa, maupun sebagai upaya branding.
Istilah perusahaan iklan juga lazim disebut sebagai agensi periklanan, perusahaan advertising, atau advertising agency. Semuanya memiliki arti yang sama.
Perusahaan Advertising Bergerak di Bidang Apa?
Perusahaan advertising bergerak di sektor iklan sekaligus marketing. Kenapa kategorinya bisa berlapis? Karena advertising sejatinya adalah bagian dari pemasaran. Jadi, singkatnya, perusahaan advertising bergerak di bidang jasa periklanan—yang mana termasuk ke dalam industri marketing secara umum.
9 Tanda Bisnismu Butuh Jasa Perusahaan Iklan Indonesia
Kamu termasuk salah satu yang bingung apakah bisnismu butuh jasa perusahaan iklan Indonesia atau tidak? Hampir bisa dipastikan ini dialami oleh semua bisnis yang baru berdiri atau baru mulai bertumbuh.
Buru-buru dalam memilih dan menggunakan jasa advertising agency juga tak baik. Banyak risiko yang justru membahayakan bisnismu jika salah pilih agensi, contohnya budget yang overspending, strategi yang kurang matang, hingga masalah hukum dan pelanggaran hak cipta.
Sebelum kamu tahu cara memilih advertising agency, ada baiknya kamu tahu apakah bisnismu sudah mengalami setidaknya salah satu dari sembilan pertanda ini.
1. Sudah Punya Budget
Punya kesiapan finansial adalah syarat wajib sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa perusahaan iklan Indonesia. Dengan nominal budget tersebut, kamu bisa mempercayakan kebutuhan iklan kepada advertising agency.
Tanpa proses yang rumit, budget tersebut sudah bisa membayar jam kerja tim agensi, biaya produksi, riset pasar, hingga kebutuhan vendor dan media buying. Apakah budget-nya harus besar? Tidak juga. Apalahi, agensi iklan biasanya terbuka untuk negosiasi dan menawarkan layanan yang fleksibel sesuai ketersediaan dana klien.
2. Bisnismu Kalah Pamor dari Kompetitor
Ada tanda-tanda kompetitormu lebih sering dibicarakan di media sosial? Atau eksistensi digital mereka lebih relevan di mata audiens? Taruhlah, mungkin, video dan konten mereka lebih banyak ditonton dan dibagikan.
Bisa jadi, ini pertanda kalau bisnismu sudah mulai kalah pamor. Cara paling efektif dan cepat untuk mengambil hati audiens adalah melalui konsep iklan dan promosi yang out of the box. Bisa dengan iklan out of home seperti billboard atau video iklan berbayar di platform populer. Semuanya bisa kamu serahkan kepada advertising agency Indonesia terbaik pilihanmu.
3. Iklan Sebelumnya Kurang Efektif
Tim marketing in-house di bisnismu mungkin pernah mengeksekusi iklan sendiri sebelumnya. Semua prosesnya bisa dilalui dengan baik, meski tanpa keahlian khusus di bidang advertising. Sayangnya, seminggu sejak campaign berjalan, ternyata performanya tidak sesuai harapan.
Ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, misalnya kurangnya riset pasar, minimnya pengalaman, alokasi budget yang tidak efisien, hingga kurangnya perspektif objektif dari pihak ketiga. Yang pasti, ini adalah lampu hijau yang menandakan bisnismu sudah siap menerima bantuan dari perusahaan iklan Indonesia.
4. Butuh Hasil yang Cepat
Mengandalkan tim in-house bukanlah solusi yang ideal kalau kamu butuh hasil yang signifikan dalam waktu singkat. Bayangkan repotnya kalau harus merekrut tim baru, menjelaskan brand value, dan memberikan training yang cukup sebelum mereka bisa mengerjakan campaign iklan yang sukses.
Selain pengerjaan yang lebih cepat, advertising agency Indonesia memiliki pengalaman bekerja secara dinamis berdasarkan target yang ketat. Alhasil, strategi yang dihasilkan pun lebih teruji dan bisa dipertanggungjawabkan.
5. Tim In-House Merasa Kewalahan
Kamu tak bisa mengharapkan hasil iklan yang maksimal dari tim yang kewalahan dan stres karena mengerjakan terlalu banyak hal dalam satu waktu. Daripada membebankan semuanya pada tim in-house, coba pertimbangkan delegasi tugas secara eksternal kepada perusahaan iklan Indonesia.
Dengan begitu, kamu dan tim in-house bisa fokus mengoptimalkan hal-hal fundamental dan mempercayakan semua kebutuhan periklanan pada tim khusus yang memang sudah berpengalaman di bidang tersebut.
6. Minim Perspektif Baru
Tanpa relevansi, strategi hanyalah langkah hambar yang belum tentu tertangkap oleh mata audiens. Perspektif baru memberi bisnismu nuansa yang lebih segar dan lebih menarik bagi target audiens. Perusahaan iklan lebih paham caranya melakukan riset pasar, mulai dari identifikasi masalah yang paling umum dihadapi, sampai macam-macam solusi dan alternatif yang paling berpotensi diminati.
7. Angka Penjualan Menurun
Tidak ada tamparan yang lebih menyakiti bisnismu daripada penurunan omzet dan penjualan. Memasang iklan dan promosi sama seperti mengetuk rumah audiens satu per satu dan menawarkan produk atau jasa yang kamu jual.
Bedanya hanya satu, iklan dipasang secara statis, sehingga orang-orang merasa hanya melihatnya secara kebetulan atau sekadar berpapasan. Namun, jangan ragukan dampaknya. Familiaritas bisa mendorong audiens merasa aman untuk membeli produkmu sewaktu-waktu saat mereka butuh. Dari sinilah iklan dapat meningkatkan dan menyambung penjualan.
8. Teknologi Perusahaan Tidak Mendukung
Taruhlah jumlah tim in-house di perusahaanmu sudah memadai. Tapi apakah tenaga kerja saja sudah cukup? Tentu tidak. Memproduksi iklan memerlukan tools, perangkat lunak, properti, hingga teknologi yang canggih.
Jika bisnis bergerak di bidang medis, kamu tidak punya kepentingan untuk mengeluarkan biaya operasional dan biaya pemeliharaan reguler yang besar untuk kebutuhan kreatif seperti ini. Apalagi, kampanye iklan juga bukan aktivitas rutin yang selalu dijalankan. Solusinya? Apalagi kalau bukan menggunakan jasa perusahaan iklan Indonesia seperti Idenya Flux.
9. Tidak Tahu Harus Mulai dari Mana
Terlalu banyak bingung dan ragu saat harus mengeksekusi campaign iklan bukan pertanda yang bagus. Ini menunjukkan adanya keterbatasan di berbagai aspek, termasuk keterbatasan pengalaman, waktu, skill, akses, hingga koneksi. Efisiensi semua prosesnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan bantuan creative advertising agency Indonesia terbaik.
Contoh Perusahaan Iklan Indonesia 2023
Masih belum punya gambaran tentang contoh perusahaan iklan di Indonesia? Contoh yang paling dekat yaitu Idenya Flux. Berkantor pusat di bilangan Jakarta Selatan, Idenya Flux merupakan perusahaan periklanan Indonesia yang berada di bawah creative group holding Flux Creative Universe yang didanai oleh Deddy Corbuzier.
Terhitung hingga saat ini, Idenya Flux telah mencatatkan ratusan klien nasional hingga multinasional. Portofolio Idenya Flux dipenuhi dengan campaign iklan dan marketing, termasuk video komersial dan TVC, untuk XL Axiata, Uniqlo, Pizza Hut, Mandiri, Citilink, Tolak Angin, Orang Tua Group, Flip, hingga Coway Indonesia.
Jika bisnismu memerlukan jasa pembuatan iklan, Idenya Flux siap melayani kebutuhanmu. Segera tuliskan brief melalui formulir yang tersedia di sini, atau langsung ajukan pertanyaanmu melalui WhatsApp Idenya Flux.