Apa Saja Jenis Layanan yang Ditawarkan TikTok Agency?

TikTok agency membantumu memaksimalkan visibilitas dan brand awareness. Cari tau jenis layanan sampai tips memilih TikTok agency Jakarta di artikel ini! Kebutuhan content marketing di aplikasi video pendek TikTok memunculkan demand baru di bidang pemasaran. Dari sinilah muncul istilah TikTok agency — perusahaan jasa yang khusus menangani konten video singkat secara strategis.

 

Seberapa Penting TikTok Agency?

Lima tahun lalu, saat TikTok masih dikaitkan dengan remaja pria bernama Bowo Alpenliebe, tidak ada yang menyangka kalau platform tersebut akan banjir pengguna hanya selang 1-2 tahun setelahnya. Saat ini, pengguna TikTok di seluruh dunia sudah menyentuh angka 1.6 miliar. Indonesia, sebagai negara terpadat keempat di dunia, menyumbang jumlah pengguna terbanyak kedua, setelah Amerika Serikat. TikTok sudah lama berevolusi, dari sekadar aplikasi dance, menjadi platform penyuplai video hiburan yang dikonsumsi secara masif. Alhasil, perusahaan mengartikan popularitas TikTok ini sebagai peluang manis untuk menjangkau target audiens mereka. Dengan adanya TikTok agency, perusahaan, brand, organisasi, maupun individu bisa memaksimalkan visibilitas melalui strategi yang diperhitungkan dengan matang.

 

Jenis Layanan yang Disediakan TikTok Agency

TikTok agency kebanyakan merangkap sebagai agensi digital marketing, yang juga menangani campaign di media sosial lain, termasuk Instagram, Facebook, hingga LinkedIn. Namun, kalau hanya berbicara soal platform TikTok, jenis layanan yang paling umum ditawarkan adalah sebagai berikut.

1. Account Setup

Tahap paling dasar dari layanan TikTok agency adalah pembukaan akun dan pembuatan aset-aset yang bisa terus digunakan, seperti bumper video, templat konten, jingle, sampai elemen visual. Cakupan setup akun dapat berbeda-beda. Namun, umumnya agensi ikut memberikan masukan dalam pencarian username, penulisan bio, hingga riset mengenai preferensi dari target audiens.

2. Konsultasi

Banyak perusahaan startup yang punya sokongan dana dan SDM yang cukup, namun belum begitu paham tentang mekanisme dan algoritma TikTok. Biasanya, mereka enggan untuk terlalu bergantung dengan agensi, karena belum siap untuk membuat anggaran baru. Solusi yang paling masuk akal adalah konsultasi dengan agensi. Di sesi ini, startup bisa menggali wawasan lebih banyak tanpa terikat kontrak jangka panjang.

Apa saja yang bisa dilakukan saat konsultasi dengan TikTok agency? Banyak hal, termasuk:

  • sesi tanya jawab,
  • review strategi yang sudah berjalan,
  • sharing informatif dari agensi,
  • penyampaian saran dan masukan.

3. Optimasi Strategi

Perusahaan dan brand berskala menengah biasanya sudah lebih sadar akan pentingnya content marketing di TikTok. Sayangnya, kadang mereka “terlambat” terjun dan kembali menjadi awam di saat kompetitor mereka sudah jauh di depan. Daripada merombak strategi tak berkesudahan, layanan optimasi strategi dari agensi TikTok akan jauh lebih hemat waktu dan biaya. Dalam memberikan layanan ini, TikTok agency biasanya akan mengamati analitik dan melakukan rangkaian A/B testing. Setelah mendapatkan pola perilaku audiens yang akurat, pihak agensi akan menyampaikan report berisi rekomendasi poin-poin yang bisa dioptimalkan oleh brand ke depannya. Bila diperlukan, TikTok agency juga siap memberikan asistensi dan monitoring secara berkala.

4. Influencer Marketing

Tidak ada yang lebih paham tentang influencer marketing selain pelaku industrinya sendiri. TikTok agency seperti Idenya Flux sudah terlibat dengan banyak influencer untuk kebutuhan campaign.

Brand bisa mempercayakan agensi untuk mengelola campaign influencer marketing, termasuk:

  • perencanaan konsep campaign,
  • riset kandidat influencer yang paling tepat,
  • menghubungi dan membuat penawaran kepada influencer,
  • negosiasi harga dan sistem partnership,
  • penyusunan brief kepada influencer, dan
  • tracking performa campaign.

 

5. Produksi Video

TikTok agency punya bekal peralatan dan software canggih untuk menghasilkan video dengan resolusi dan polesan yang berkualitas. Daripada harus menyiapkan budget yang tidak sedikit untuk membeli kamera dan membayar langganan software, brand lebih suka mengandalkan agensi.

Produksi video di TikTok meliputi proses perencanaan hingga posting, termasuk:

  • riset kompetitor,
  • content planning,
  • scheduling,
  • penulisan script,
  • penyusunan brief,
  • pengambilan video,
  • editing, hingga
  • pengerjaan revisi.

6. TikTok Management

Di level yang paling luas, TikTok agency menawarkan full management untuk klien mereka. Kebanyakan, demand-nya berasal dari kalangan brand berskala menengah hingga besar yang ingin pengelolaan lengkap dan praktis tanpa mempertaruhkan reputasi.

Umumnya, mereka mempercayakan agensi karena ingin memfokuskan tim inti mereka untuk menangani operasional bisnis yang sifatnya lebih mendasar. Cakupan utama dari TikTok management antara lain:

  • perencanaan dan produksi video,
  • scheduling dan posting,
  • community management,
  • tracking analitik dan performa konten,
  • optimasi strategi.

 

Kriteria TikTok Agency yang Baik

Salah pilih TikTok agency tidak hanya merugikan biaya, namun juga waktu. Dengan pergerakan dunia digital yang pesat, kalah cepat sedikit saja bisa menurunkan daya saing di industri. Kemungkinan terburuknya adalah penurunan omzet. Supaya lebih mudah menyeleksi TikTok agency yang kompeten untuk bisnismu, pastikan agensi tersebut memiliki kualitas berikut ini.

1. Kolaboratif

Kolaboratif berarti mengupayakan yang terbaik, namun terbuka terhadap masukan. Sebagai klien, cari agensi yang menunjukkan kualitas ini. Dalam tahap awal, kolaboratif atau tidaknya suatu TikTok agency bisa dilihat dari:

  • responsivitas ketika berkomunikasi,
  • reaksi tim saat menerima sanggahan,
  • kemudahaan dalam bekoordinasi, dan
  • tingkat insiatif.

2. Profesional

Profesionalitas memang sulit diukur di awal. Namun, hal-hal kecil seperti ketepatan waktu saat meeting, kesopanan, dan cara berkomunikasi bisa kamu nilai sedini mungkin. Jika kamu menemukan ketidakcocokan dari segi ini, kamu sebaiknya pikir ulang sebelum meneken kontrak dengan TikTok agency tersebut.

3. Kompeten

Maukah kamu mempercayakan campaign marketing, dengan budget sekian ratus juta, di tangan TikTok agency yang belum punya portofolio yang mendukung? Digital marketing bukan arena bakar uang, melainkan upaya “investasi” dengan imbalan berupa konversi. Selain melihat dari portofolio, cari tahu juga reputasi agensi melalui informan di industri tersebut. Sebutlah klien terdahulu atau vendor yang pernah terlibat satu project dengan mereka.

 

Layanan TikTok Agency Jakarta

Terpikir untuk lebih aktif posting di TikTok? Atau ingin merombak strategi karena ada rencana rebranding? Apa pun itu, Idenya Flux siap membantumu mengoptimalkan popularitas TikTok untuk meningkatkan awareness dan visibilitas brand. Masih ragu? Temukan sampel campaign project TikTok Idenya Flux di sini. Bermarkas di Jakarta Selatan, Idenya Flux juga menawarkan layanan video komersial, digital dan media sosial, serta paket lengkap 360 marketing strategy.

Penasaran dengan detailnya? Jangan ragu hubungi Idenya Flux melalui WhatsApp!

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.