Bagaimana Cara Memilih Advertising Agency Jakarta yang Tepat?

Konsep iklan yang brilian harus berada di tangan agensi yang lihai dan sesuai. Simak 7 panduan memilih advertising agency Jakarta terbaik untuk bisnismu. Tak hanya tentang visual yang menarik, sebuah iklan harus bisa menyampaikan pesan seefektif mungkin kepada audiens. Advertising agency Jakarta adalah solusi bagi brand untuk mengemas materi promosi ke dalam konsep iklan yang menawan.

Karena perannya yang esensial, kamu harus lihai dalam memilih agensi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Pertanyaannya, bagaimana cara memilih advertising agency Jakarta yang tepat? Simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

 

Apa Itu Advertising Agency Jakarta?

Advertising agency adalah perusahaan jasa yang menyediakan layanan pembuatan iklan untuk klien. Agensi periklanan bekerja untuk perusahaan komersial, organisasi nonprofit, hingga instansi pemerintah.

Di Indonesia, advertising agency lebih banyak berkedudukan di Jakarta. Mengisi kebutuhan marketing dan periklanan untuk berbagai macam brand yang berpusat di kota tersebut.

 

Jenis Layanan Advertising Agency Jakarta

Berdasarkan tujuannya, advertising agency Jakarta mengerjakan berbagai macam iklan, termasuk untuk mempromosikan produk, jasa, kampanye politik, sampai kesadaran akan isu lingkungan dan sosial.

Adapun dari sisi jenis layanan, advertising agency Jakarta mampu mengerahkan diri dalam berbagai aspek, termasuk:

  • konsultasi,
  • riset industri,
  • riset kompetitor,
  • perencanaan konsep,
  • pengembangan ide kreatif
  • perancangan strategi, hingga
  • eksekusi dan produksi iklan.

 

 

7 Cara Memilih Advertising Agency Jakarta

Perlu bantuan dalam memilih advertising agency terbaik di Jakarta? Jangan khawatir. Idenya Flux akan memandu 7 cara praktis yang bisa kamu ikuti.

1. Ketahui Ukuran Agensi

Ukuran advertising agency bisa diperhitungkan berdasarkan jumlah tim. Semakin banyak orang yang terlibat di dalamnya, semakin merata pula delegasi tugas yang dikerjakan.

Pilih agensi yang sesuai dengan kebutuhan campaign-mu. Untuk project besar dengan tenggat waktu yang singkat, pertimbangkan agensi dengan sumber daya yang memadai.

2. Cari Tahu Kapan Agensi Tersebut Didirikan

Usia memang hanyalah angka. Tapi, agensi yang sudah lama berdiri cenderung lebih bisa diandalkan.

Ini adalah lima alasan kenapa kamu sebaiknya memilih advertising agency Jakarta yang berusia matang.

  • Reputasi dan kredibilitas terjamin.
  • Ketersediaan sumber daya stabil.
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman industri yang luas.
  • Punya banyak koneksi dan jaringan di industri periklanan.
  • Lebih paham dengan tren dan hal-hal teknis.

3. Amati Project Sebelumnya

Setiap agensi umumnya memajang sampel pekerjaan mereka di satu portofolio. Pelajari iklan-iklan yang pernah mereka tangani sebelumnya.

Ada sejumlah pertanyaan yang bisa kamu ajukan untuk menilai kesesuaianmu dengan suatu agensi berdasarkan portofolio.

  • Berapa banyak klien yang pernah ditangani?
  • Adakah kompetitor yang pernah menggunakan jasa mereka?
  • Seberapa kreatif dan inovatif konsep iklan yang pernah dihasilkan?
  • Seberapa konsisten output dalam setiap project yang pernah dikerjakan?
  • Seberapa relevan iklan di portofolio dengan produk/jasa yang kamu jual?

4. Jangan Abaikan Reputasi Agensi

Secara langsung atau pun tidak, reputasi partner kerja akan ikut mempengaruhi reputasi brand-mu. Jangan sepelekan reputasi advertising agency Jakarta yang kamu pilih.

Lakukan riset yang holistik terkait rekam jejak suatu agensi, misalnya dengan:

  • riset secara online,
  • gali informasi dari koneksi di industri yang sama,
  • minta referensi dan testimoni dari klien sebelumnya,
  • membuat daftar penghargaan yang pernah diperoleh.

5. Pertimbangkan Pengalaman Industri

Jangan hanya melihat kuantitas campaign yang pernah dikerjakan oleh suatu agensi. Perhatikan juga berapa banyak iklan dari bisnis atau brand di industri yang sama denganmu.

Pengalaman industri akan jadi patokan dalam mengukur kemampuan suatu agensi dalam menawarkan iklan yang strategis, relevan, dan berorientasi pada kebutuhan pasar.

6. Utamakan Kecocokan Sistem Kerja

Kamu tidak hanya terlibat satu hari dengan tim agensi periklanan yang kamu pekerjakan. Selama project berjalan, kamu masih harus melakukan follow-up, koordinasi, sampai monitoring setiap progresnya.

Setidaknya, pastikan kamu memilih advertising agency Jakarta yang komunikatif, transparan, kolaboratif, tepat waktu, dan menjaga profesionalisme.

7. Perhatikan Harga Layanan

Bukan hanya soal murah dan mahal, harga layanan suatu agensi punya banyak sudut pandang untuk dinilai, termasuk:

    • transparansi dalam sistem penentuan harga,

 

  • value for money berdasarkan pengalaman dan expertise,

 

  • fleksibilitas harga dan potensi negosiasi,
  • cakupan layanan, dan
  • kesesuaian dengan budget yang tersedia.

 

 

Akibat Salah Pilih Advertising Agency Jakarta

Pada kasus di mana kamu salah pilih advertising agency, kerugian yang kamu tanggung bukan hanya dari segi materi, tapi juga nama baik dan keberlanjutan bisnis.

Simak 4 risiko yang kamu hadapi kalau sampai salah pilih advertising agency Jakarta. 

1. Target Tidak Tercapai

Setiap campaign punya target konversi yang berbeda-beda. Ada yang memprioritaskan brand awareness, jumlah lead, atau tingkat penjualan.

Agensi yang berpengalaman akan membantumu merencanakan dan memproduksi iklan yang strategis dan tepat sasaran. Sebaliknya, agensi yang kurang kompeten belum tentu mampu memenuhi target yang ingin kamu capai.

2. Rugi Waktu dan Biaya

Produksi iklan membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit. Tanpa pengalaman agensi yang cukup, campaign yang kamu harapkan tidak akan sebanding dengan waktu dan materi yang kamu keluarkan.

Memilih advertising agency Jakarta yang tepat berarti mengamankan dari kerugian seperti ini.

3. Reputasi Brand dalam Bahaya

Tidak ada perusahaan yang ingin nama baiknya tercoreng. Inilah kenapa kamu memerlukan unsur kehati-hatian dari advertising agency Jakarta yang berpengalaman.

Nantinya, pengerjaan project berlangsung dengan lebih efisien karena brand-mu akan terhindar dari kesalahan dan kecerobohan agensi pemula.

4. Omzet Menurun

Di level yang lebih ekstrem, perusahaanmu bisa saja mengalami penurunan omzet akibat produksi iklan yang menuai kontroversi. Hindari risiko ini dengan mempercayakan agensi yang kredibel dan bisa diandalkan.

 

 

Rekomendasi Advertising Agency Jakarta

Untuk menutup panduan memilih advertising agency Jakarta yang tepat, Idenya Flux hadir dan menawarkan ragam layanan advertising, termasuk video komersial, konten media sosial, hingga 360 campaign strategy.

Dengan portofolio yang merangkum 168 campaign, Idenya Flux siap meracik inovasi dan kreativitas menjadi iklan terbaik untuk brand-mu.

Bergabunglah ke dalam ratusan brand populer yang mempercayakan Idenya Flux, seperti XL Axiata, Lion Parcel, Tango, Mandiri, Pizza Hut, Inaco, Kimia Farma, dan masih banyak lagi.

Butuh bantuan membuat iklan? Jangan tunggu nanti, segera hubungi Idenya Flux melalui kontak berikut ini!

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.