Kenapa Banyak Brand yang Pakai Jasa Agency TikTok Indonesia?

Belakangan semakin banyak perusahaan jasa di bidang digital yang melabeli diri sebagai agency TikTok Indonesia. Ini menunjukkan kalau kebutuhan content marketing di TikTok sangat diprioritaskan oleh brand. Pertanyaannya, kenapa hal ini bisa terjadi? Apakah karena ada pergantian tren dalam industri marketing?

Sebagai full-service agency yang juga menyediakan jasa kelola dan konten TikTok, Idenya Flux akan membeberkan alasan kenapa banyak sekali brand yang membutuhkan dan menggunakan jasa agency TikTok Indonesia.

 

TikTok Lebih Populer dari Instagram?

Instagram masih unggul ketimbang TikTok dalam hal jumlah pengguna aktif bulanan. Instagram mencatatkan pengguna aktif sebanyak 2 miliar per bulan, sementara TikTok sebanyak 1 miliar per bulannya. Namun, dilihat dari segi segmen usia, TikTok memenangkan hati Gen Z dengan total pengguna Gen Z sebanyak 37 juta, sementara Instagram menelurkan sebanyak 33 juta.

Dengan data ini, bisa diambil kesimpulan awal bahwa brand di era sekarang tak mau ketinggalan peluang untuk tampil relevan di hadapan generasi muda. Kenapa banyak brand yang memfokuskan marketing untuk Gen Z?

Umumnya, karena Gen Z tumbuh dengan kecakapan digital yang tinggi. Gen Z diproyeksikan memiliki potensi daya beli yang menjanjikan bagi bisnis di beberapa tahun ke depan. Selain itu, brand juga cenderung menyasar target di usia muda dengan harapan bisa memenangkan loyalitas mereka, berikut generasi setelahnya.

 

Apa Itu Agency TikTok Indonesia?

Agency TikTok Indonesia adalah perusahaan jasa yang menyediakan layanan untuk kebutuhan content marketing di platform TikTok. Cakupan layanan yang ditawarkan termasuk jasa pembuatan konten TikTok, strategi campaign, influencer marketing, community management, analitik, hingga audience targeting.

Agency TikTok Indonesia biasanya berdiri sebagai digital agency, digital marketing agency, social media agency, atau bahkan full-service agency—seperti halnya Idenya Flux. Kenapa label ini bisa berlapis? Karena pada dasarnya, optimasi content marketing TikTok adalah bagian dari digital marketing secara keseluruhan.

 

Kenapa Banyak Brand yang Pakai Jasa Agency TikTok Indonesia?

Brand menggunakan layanan dari perusahaan jasa (apa pun) atas dua alasan utama, yaitu efektivitas dan efisiensi. Meskipun memiliki tim social media pada divisi marketing, brand sering dihadapkan dengan banyak keterbatasan.

Kalaupun mau menangani semua campaign sendiri dengan sumber daya yang ada, itu artinya brand harus memulai dengan penyediaan pelatihan agar tim in-house memiliki level skill dan pengetahuan yang memadai.

Bayangkan betapa panjangnya persiapan yang harus dilalui saat ada campaign atau kebutuhan marketing yang besar. Dari aspek lain, biaya marketing yang dikeluarkan juga berpotensi menghasilkan ROI yang lebih tinggi jika dialokasikan kepada tim yang memang berpengalaman di bidang ini.

Selengkapnya, berikut 7 alasan utama kenapa banyak brand besar yang menggunakan jasa agency TikTok Indonesia.

1. Penguasaan Algoritma TikTok

Sama seperti platform media sosial lainnya, algoritma TikTok sangat dinamis dan kompleks. Jangankan dalam hitungan tahun, selang beberapa minggu saja algoritma bisa berubah. Tanpa kepekaan algoritma yang tinggi, bisnismu bisa saja kehilangan peluang emas untuk meningkatkan exposure.

Berkat tim di agency TikTok Indonesia, kamu tidak harus nonstop dan dipaksa keep up dengan perubahan pola distribusi konten, sistem FYP, faktor engagement, tren, hingga tingkat penyelesaian video di TikTok.

2. Lebih Update dengan Tren

Pergerakan tren adalah oksigen bagi TikTok. Karena terbiasa mengerjakan campaign di industri kreatif yang dinamis, agensi tahu caranya memanfaatkan momentum dengan cara yang autentik sesuai identitas brand.

Perlu dicatat, tidak semua tren harus diikuti oleh brand, terutama kalau tujuannya hanya demi konten atau semata-mata menjaga eksistensi. Di sinilah TikTok agency Indonesia membantu brand-mu menyeleksi tren yang paling relevan dan mengoptimalkan poin yang paling potensial.

3. Strategi Campaign yang Efektif

Campaign TikTok yang sukses bukan cuma soal kreativitas. TikTok agency Indonesia menyusun campaign strategy yang selaras dengan identitas dan tujuan brand. Mulai dari launching branded challenge hingga kerja sama dengan influencer, strategi selalu jadi patokan yang akurat untuk mengukur tingkat kesuksesan campaign.

4. Sebagai Optimasi Ads

Agensi yang menawarkan layanan advertising berbayar di TikTok adalah agensi yang sudah melakukan banyak upaya A/B testing dan teknik uji coba lainnya. Dengan ini, sudah bisa disimpulkan kalau insight yang mereka punya bisa menghemat ratusan jam kalau kamu belajar sendiri dari nol. Dengan pertimbangan ini, budget iklan yang kamu keluarkan juga tak akan sia-sia.

5. Investasi pada Community Building

Apalah content marketing tanpa interaksi dari target audiens. TikTok agency Indonesia paham bahwa sekecil apa pun personalisasi strategi, copywriting, hingga visual bisa membangun kedekatan audiens yang berperan penting dalam brand loyalty.

Contoh paling kecil adalah konsistensi gaya bicara yang digunakan agensi saat memproduksi konten, membalas komen, hingga menanggapi inbox atas nama klien mereka. Ingat, community building yang strategis merupakan modal utama dari reputasi dan branding yang baik.

6. Analitik dan Reporting

Agency TikTok umumnya selalu memberikan pelaporan dan hasil analisis campaign kepada klien mereka. Analitik dan reporting adalah “harta karun” bagi bisnis untuk membuat meningkatkan customer experience dan membuat macam-macam keputusan berbasis data. Pastikan juga kamu sudah tahu trik memilih agency TikTok Indonesia 2023 agar analitik dan reporting yang kamu terima sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

7. Efisien Sumber Daya

Selain ditunjang dengan jumlah tim yang kompeten, agency TikTok Indonesia juga lengkap akan teknologi dan tools terkini. Belum lagi, koneksi yang luas untuk menemukan vendor dan influencer terbaik untuk brand. Dan yang terpenting, agensi akan mengefisiensi waktu kerja, sehingga kamu bisa fokus pada aspek fundamental bisnis.

 

Rekomendasi Jasa Agency TikTok Indonesia Terbaik 2023

Bisnis atau brand kamu sedang mencari agency TikTok Terbaik di Indonesia? Jangan khawatir, dengan portofolio yang menunjang, Idenya Flux bisa memenuhi ekspektasi dan goals yang kamu targetkan melalui platform TikTok.

Sebagai pemain kawakan dalam daftar agency TikTok Indonesia, Idenya Flux sudah menyelesaikan ratusan campaign untuk brand lokal hingga multinasional. Daftar klien yang pernah ditangani oleh Idenya Flux antara lain Uniqlo, Colorbox, Cimory, XL Axiata, Tolak Angin, Sony, Citilink, Mandiri, Panasonic, Traveloka, Lion Parcel dan ratusan klien lainnya.

Apa saja layanan TikTok yang tersedia di Idenya Flux? Variatif, sesuai dengan kebutuhanmu, termasuk jasa kelola akun TikTok, pembuatan konten, community building, campaign strategy, hingga influencer marketing. Apa pun itu, sampaikan kebutuhanmu melalui formulir brief yang tersedia di sini atau langsung ajukan pertanyaanmu via WhatsApp!

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.