Ternyata Perusahaan Advertising Punya Peran Penting Seperti Dewa Hermes

News |  25 July 2021
Image

Kamu mungkin pernah bertanya seperti ini: "Seberapa penting sih peran advertising agency dalam membantu kesuksesan campaign dari sebuah brand?”

Jawabannya penting banget. Bahkan dewa saja membutuhkan hal ini! Nah, begini penjelasannya.


Perusahaan Advertising Ibarat Hermes di Zaman Digital

Sejak dari zaman dahulu, advertising sudah sangat dibutuhkan dan punya peran penting dalam menyampaikan pesan yang clear.

Oleh karena itu, dalam mitologi Yunani diceritakan, bahkan para dewa di Olimpus membutuhkan Hermes sebagai sosok yang bertugas mengantarkan pesan kepada manusia. Makanya, Hermes adalah satu-satunya dewa yang mempunyai ‘sepatu yang memiliki sayap’ supaya bisa pergi mengantarkan pesan dengan sangat cepat kepada manusia.

Namun di era yang serba modern dan arus informasi yang begitu cepat seperti sekarang, dibutuhkan entitas yang lebih dari Hermes. Bukan hanya mampu mengantarkan pesan, tapi juga harus bisa membungkusnya secara memikat.

Di sinilah akhirnya terjawab mengapa banyak big company maupun brand besar terus mengandalkan jasa perusahaan advertising dalam memproduksi campaign kreatif.


Peran Penting Full Service Agency di Era Revolusi Industri 4.0

Saat ini, full service agency punya peran yang kian penting dalam mensukseskan sebuah campaign karena merupakan ekstraksi dari creative agency, advertising agency, digital agency, dan social media agency dalam satu paket komplit.

Secara teknis, full service agency memiliki kemampuan menjalankan 360 strategy campaign. Beruntungnya, di Idenya Flux kita bisa merencanakan The Best 360 Strategy Campaign. Mulai dari mencari insight, menyampaikan ide besar, menentukan strategi komunikasi, hingga menghidupkan cerita lewat tampilan visual dan audio video.

Dalam strategi campaign ini, kita menarasikan pesan dari sebuah brand lewat jalur yang beragam. Ibaratnya, audiens seperti berdiri di tengah lingkaran dikelilingi oleh strategi campaign yang inklusif dengan channel distribusi yang beragam, baik offline maupun online.

Lantas perlukah setiap brand menjalankan 360 Strategy Campaign? Kalau dianalisis, sebenarnya kembali lagi atau tergantung dari target audiens seperti apa yang ingin disasar dalam campaign tersebut.

Sehingga, perusahaan periklanan yang baik bukan hanya bisa menawarkan 360 Strategy Campaign, tapi juga bisa fleksibel dengan kebutuhan atau prioritas campaign yang diinginkan oleh klien.


Idenya Flux sebagai Advertising Agency Jakarta Punya Segudang Ide Emas

Di bawah ini adalah contoh bagaimana Idenya Flux berhasil membuat campaign yang menarik dan melebihi  ekspektasi klien. Bahkan karena saking menariknya, konten video yang kita buat sudah di-view oleh jutaan penonton dan di-repost oleh Raffi Ahmad, Luna Maya, Agnes Monica dan beberapa influencer lainnya lho. Yuk kita lihat!

Image

Beberapa waktu yang lalu Idenya Flux ditunjuk oleh grup Artha Graha Peduli  untuk membuat video commercial atau iklan video pesan layanan masyarakat yang ingin menyampaikan pesan positif di tengah pandemi Covid-19 yang masih menjangkiti Indonesia.

Kebetulan sekali, beberapa waktu sebelumnya Pemerintah Singapura pernah merilis video ‘Together, Towards a New Normal’ yang mengajak masyarakatnya agar support program ‘Let's Test Trace and Vaccinate’. Video ini sempat viral dan bahkan dipuji masyarakat Indonesia.

Nah, ketika Artha Graha Peduli request, "Kita mau bikin kayak gitu niih," seketika itu juga setelah baca brief dari mereka, muncullah ide seperti ini dari kita:

"What if kita buat video commercial CSR yang fresh, dikemas lebih baik dan sangat relate dengan masyarakat Indonesia.” Kita akan membuat video ini dibalut dengan pantun yang kental akan kekhasan Indonesia. Akhirnya, kita mengeluarkan campaign ‘Ada Peduli, Ada Harapan.’

Ide ‘Ada Peduli, Ada Harapan’ datang karena berangkat dari kondisi Indonesia yang saat ini sedang hilang harapan, kita mesti PPKM lagi, seperti balik ke awal masa pandemi, dan seperti tidak selesai-selesai, orang orang pun seakan sudah hilang harapan.

Nah lewat video ini, kita ingin membawa pesan positif kalau sebenarnya masih ada harapan asal dengan satu syarat yaitu PEDULI. Peduli terhadap protokol kesehatan, Peduli terhadap vaksin, Peduli terhadap sesama. Oleh karena itu, kita percaya ‘ADA PEDULI, ADA HARAPAN’.

Silahkan kalian lihat video commercial ‘Ada Peduli, Ada Harapan’ garapan Idenya Flux di sini.

Nah, gimana reaksi kamu setelah melihat video di atas? Pasti terngiang-ngiang dengan message yang ingin disampaikan sampai bergumam menyanyikan lirik ‘Ada Peduli Ada Harapan’ ‘Ada Peduli Ada Harapan’ berulang kali kan?

Nah, inilah pentingnya peranan perusahaan advertising agency juga digital agency  dalam mewujudkan kebutuhan atau prioritas campaign yang diinginkan oleh klien.

Kita harus pintar mengemas message yang ingin disampaikan dengan cara-cara kreatif termasuk visual yang menarik. Supaya apa? Supaya membekas dalam ingatan audiens, supaya campaign kita tidak di-skip begitu saja, tapi mendapatkan respon positif dan justru diviralkan oleh mereka.

Nah, jika kamu ingin membuat  campaign untuk mencapai objective-mu dengan cara yang menarik dan komunikatif, Idenya Flux sebagai perusahaan creative advertising agency siap memberikan segudang ide emas untuk membuat campaign yang menarik. Segera tulis saja brief-nya di bawah artikel ini, kita akan segera membalasnya.

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.