5 Akibat Fatal Kalau Kamu Salah Pilih Digital Agency Indonesia

Kamu mungkin sering menjumpai ragam tips memilih digital agency Indonesia yang ideal untuk bisnismu. Namun pernahkah kamu meresapi alasan kenapa memilih digital agency adalah hal yang sangat krusial? Karena faktanya, di samping masalah hasil kerja, ternyata ada 5 alasan kenapa salah pilih digital agency Indonesia bisa membahayakan bisnismu, jauh lebih fatal dari yang kamu kira.

 

Sekilas Tentang Digital Agency Indonesia

Digital agency adalah perusahaan jasa yang membantu bisnis atau brand untuk meningkatkan visibilitas dan eksistensi digital melalui upaya marketing. Digital agency biasanya menawarkan layanan yang variatif, termasuk online advertising, social media management, hingga copywriting dan desain grafis.

 

Contoh Digital Agency Indonesia

Tak perlu jauh-jauh, saat ini kamu sedang membaca artikel di situs milik digital agency Indonesia, yaitu Idenya Flux. Merupakan salah satu top digital agency Jakarta Selatan, Idenya Flux membuka layanan full-service untuk bisnis dan brand di seluruh Indonesia.

Sudah mencatatkan ratusan klien nasional hingga multinasional, Idenya Flux tuntas menyelesaikan lebih dari 168 campaign. Satu di antaranya adalah campaign video untuk XL Axiata bertajuk Pesan untuk Raka, yang tembus 11 juta penonton di YouTube dan sukses meraih emosi dan respons positif dari netizen.

Klien lain yang masuk dalam portofolio Idenya Flux, termasuk Uniqlo, Pizza Hut, Mandiri, Citilink, Tolak Angin, Orang Tua Group, Flip, hingga Coway Indonesia. Klik di sini untuk mengakses portofolio lengkap Idenya Flux.

 

Kenapa Harus Digital Agency Indonesia?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa digital agency Indonesia, kamu wajib tahu dulu alasannya. It’s a million dollar question. Jika dirangkum dan dipersingkat, ada 3 alasan utama kenapa harus digital agency yang membantu menangani campaign marketing bisnismu.

  1. Digital agency jauh lebih berpengalaman di bidang digital marketing, sehingga tahu cara merancang strategic planning yang dibutuhkan oleh bisnismu.
  2. Lebih efisien waktu, tenaga, dan sumber daya ketimbang harus mengandalkan tim in-house sepenuhnya.
  3. Meningkatkan daya saing di antara kompetitor. Ini berkat kepekaan tren dan perubahan industri yang dikombinasikan dengan sistem kerja pada digital agency yang dinamis.

 

5 Akibat Salah Pilih Digital Agency Indonesia

Mari kita masuk pada pembahasan yang lebih intens dan mendebarkan tentang akibat fatal kalau kamu salah pilih digital agency Indonesia. Apa saja 7 akibat terbesarnya? Baca selengkapnya berikut ini.

1. Budget Terbuang Sia-sia

Alokasi rata-rata budget marketing tahun 2023 berada di kisaran 5-10% dari revenue. Jika diuangkan, angka tersebut bukanlah nominal yang kecil. Salah pilih digital agency sama seperti mempercayakan budget marketing pada tangan yang salah.

Survei lain menunjukkan kalau budget marketing menyumbang revenue sebesar 9.1% per 2023. Dari kedua data ini bisa disimpulkan bahwa masih ada peluang kerugian yang rentan sekitar 0.9% pada revenue jika sebuah bisnis mengeluarkan hingga 10% budget marketing.

Tingginya risiko kerugian materiel yang dipertaruhkan, bisa dibilang, adalah akibat yang paling fatal. Gampangnya, agensi yang tidak kompeten akan mengalokasikan uangmu untuk mengeksekusi strategi yang belum teruji, tidak optimal, atau bahkan salah kaprah.

2. Kurangnya Optimasi Peluang

Strategi disusun untuk mencapai tujuan dengan cara yang seefektif mungkin, termasuk melalui perencanaan berbasis data dan eksekusi berdasarkan peluang. Sayangnya, agensi yang tak kompeten atau kurang pengalaman bisa saja melewatkan peluang manis ini untuk bisnismu.

Ingat baik-baik bahwa melewatkan momentum sama dengan melonggarkan daya saing dan membiarkan kompetitor untuk berada selangkah di depanmu. Kalau ini berlangsung dalam jangka panjang, tak mustahil bisnismu akan kalah pamor dan terlupakan karena dianggap tak cukup relevan bagi audiens.

Kenapa salah pilih digital agency Indonesia bisa sefatal ini akibatnya? Banyak sebab, beberapa di antaranya yaitu:

  • tidak peka terhadap kebutuhan pasar,
  • tidak tanggap terhadap tren industri,
  • riset pasar kurang memadai,
  • targeting dan messaging tidak efektif,
  • tidak memanfaatkan data,
  • kurangnya insight industri,
  • minimnya ide kreatif dan inovasi.

3. Reputasi Memburuk

Lupakan sejenak soal KPI yang tak sesuai target, atau campaign video di YouTube yang tak mengundang cukup banyak penonton. Coba dalami akibat yang lebih kritis dari itu. Bukan lagi soal gagal mencapai target, agensi yang tak kompeten bahkan bisa merusak reputasi, branding, dan nama baik yang sudah bertahun-tahun kamu bangun.

Dalam dunia digital, atensi adalah mata uang. Target audiens bisa sangat kecewa jika bisnismu menampilkan image yang tidak sesuai dengan apa yang mereka ekspektasikan. Entah itu karena campaign yang kurang etis, menyinggung SARA, atau sesederhana penurunan kualitas campaign.

Di sinilah terjawab kenapa digital agency Indonesia dengan pengalaman 17 tahun seperti Idenya Flux bisa menyelamatkanmu dari banyak human error dan kesalahan agensi pemula, seperti kualitas kerja yang tidak memenuhi standar kualitas, ketidaksesuaian dengan nilai brand, hingga mengundang feedback negatif dari customer.

4. Timbul Konflik Antara Tim

Akar masalah terjadinya konflik antara tim internal dengan tim digital agency adalah komunikasi. Dari komunikasi yang kurang efektif dan tidak transparan, muncullah sistem kerja yang kurang smooth. Apa akibat selanjutnya? Feedback dari klien tidak tersampaikan dengan baik, sehingga ekspektasi yang diharapkan pun tidak terpenuhi.

Kalau masalahnya sudah sejauh ini, kolaborasi akan sulit terjalin. Bukannya sama-sama bekerja untuk tujuan yang sama, masing-masing tim justru akan punya konflik kepentingan yang tidak sejalan. Meskipun berada di industri kreatif, profesionalitas kerja pada digital agency harus jadi yang pertama kamu amati.

5. Pelanggaran Hak Cipta

Apa yang lebih mengerikan dari “sekadar” konflik antartim? Yup, masalah hukum. Hak cipta adalah yang kompleks. Bukan hanya minim inovasi, digital agency yang tidak kompeten juga cenderung kurang berhati-hati dalam mengeksplorasi kreativitas.

 

Rekomendasi Digital Agency Indonesia 2023

Lima risiko di atas adalah mimpi buruk bagi setiap bisnis dan brand. Bagai bumerang, niatmu untuk mengoptimalkan digital marketing justru berbalik membahayakan bisnismu hanya karena salah pilih digital agency Indonesia.

Apa solusinya? Selamatkan bisnismu dengan mempercayakan campaign marketing hanya kepada digital agency terbaik di Indonesia. Untuk mempersingkat waktu risetmu, Idenya Flux bisa kamu prioritaskan sebagai pilihan utama. seperti Sebagai informasi, Idenya Flux adalah creative digital agency Indonesia yang menyediakan layanan untuk startup, bisnis, dan brand di seluruh Indonesia.

Butuh jasa online advertising, social media management, 360 campaign strategy, video commercial, online media buying, hingga layanan digital marketing lainnya? Tunggu apa lagi, segera kirimkan brief melalui formulir yang disediakan atau langsung ajukan pertanyaanmu via WhatsApp!

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.