9 Tips Memilih Digital Agency Indonesia Sesuai Budget 2023

Jarang ada digital agency Indonesia yang terang-terangan menunjukan harga layanan. Sebagai calon klien, begini trik riset harga yang akurat! Kamu ingin mulai menggunakan jasa digital agency Indonesia tapi masih bingung soal biaya? Selain karena baru pertama kali, kamu mungkin tidak ingin salah pilih agensi yang harganya tidak sepadan dengan kinerja. Atau, kamu ingin tahu seberapa banyak yang bisa kamu dapat dengan budget yang kamu punya sekarang?

Jangan khawatir, dengan 17 tahun pengalaman di industri kreatif, Idenya Flux akan memandu step by step dan tips memilih digital agency Indonesia sesuai budget tahun 2023. Baca sampai tuntas supaya kamu bisa membuat pilihan yang efisien dari segi biaya.

 

Sulitnya Memilih Digital Agency Indonesia yang Sesuai Budget

Digital agency atau perusahaan digital marketing adalah perusahaan jasa yang menyediakan layanan seputar digital marketing, advertising, dan online campaign. Menjamurnya digital agency Indonesia menunjukkan tingginya kebutuhan bisnis dan brand dalam mengelola iklan dan pemasaran mereka.

Masalahnya, dari sekian banyak pilihan creative digital agency Indonesia, proses untuk menemukan satu agensi yang sesuai budget tetaplah tidak mudah. Kenapa demikian? Alasannya beragam, termasuk:

 

  • Industri jasa: Menggunakan jasa berbeda dengan membeli sebuah produk. Pada industri jasa, harga ditentukan oleh faktor yang tak terbatas karena output-nya tidak selalu sama.
  • Adanya hidden cost: Beberapa agensi mungkin memasukkan biaya tersembunyi di luar layanan primer, misalnya biaya langganan software atau biaya tak terduga selama project berjalan.
  • Struktur harga yang kompleks: Tidak adanya struktur harga yang baku membuat setiap agensi menentukan harga berdasarkan faktor yang berbeda-beda. Ada yang mematok berdasarkan paket layanan, ada juga yang menyesuaikan kebutuhan klien.
  • Transparansi harga: Karena harga bukan hal yang mengikat dalam sektor jasa, kebanyakan digital agency Indonesia tidak mau terlalu gegabah dengan menunjukkan harga secara terang-terangan. Biasanya diperlukan komunikasi sebelum harga diputuskan.

 

 

9 Tips Memilih Digital Agency Indonesia Sesuai Budget

Meski challenging, memilih digital agency Indonesia sesuai budget bukanlah hal yang mustahil. Berikut step by step dan tips praktis cara memilih digital agency Indonesia sesuai budget 2023.

1. Tentukan Scope Jasa yang Dibutuhkan

Terdengar klise, tapi menentukan seberapa luas layanan yang kamu butuhkan adalah step awal untuk memperhitungkan kesesuaian budget. Pertimbangkan beberapa hal ini saat menentukan scope jasa yang kamu butuhkan.

 

  • Jenis output: Pastikan kamu tahu apa output yang kamu harapkan, misalnya TVC, brand asset, atau konten TikTok.
  • Skala: Perhitungkan seberapa besar project yang akan dikerjakan oleh digital agency Indonesia pilihanmu. Apakah ini termasuk campaign yang kecil, sedang, atau besar.
  • Bantuan teknis: Seberapa teknis tugas yang akan kamu limpahkan kepada agensi? Logikanya, semakin banyak hal teknis, semakin mahal pula harga yang harus kamu bayar.
  • Monitoring: Apakah ada layanan lanjutan setelah output sudah kamu terima? Misalnya, monitoring SEO atau analisis metrik dan reporting.

 

2. Cari Tahu Struktur Harga yang Berlaku

Untuk memperkirakan dengan lebih akurat, kamu perlu tahu struktur penentuan harga yang sering dianut oleh digital marketing agency Indonesia. Ini bisa kamu kategorikan berdasarkan dua aspek, yaitu pricing model (sistem harga) dan payment model (sistem pembayaran).

 

  • Sistem harga, yaitu mematok harga berdasarkan metrik tertentu, misalnya harga berdasarkan jam kerja, fixed fee, retainer (jasa reguler), bundling, atau performance-based.
  • Sistem pembayaran, yaitu berapa kali pembayaran dilakukan, misalnya bayar di muka, langganan bulanan, DP sekian persen, atau pembayaran bertahap.

 

3. Tentukan Prioritas Goals

Keinginan tidak sama dengan kebutuhan. Semua ingin yang terbaik untuk bisnis mereka, tapi, dalam kondisi tertentu, keinginan tersebut harus diurutkan satu per satu, terutama jika terkendala pada biaya. Putuskan prioritas teratas sebelum mulai mencari digital agency Indonesia.

Pikirkan apa yang paling berpengaruh pada fundamental bisnismu. Apa tujuan yang tidak bisa kamu tunda lagi? Dan apakah itu akan memberikan dampak jangka pendek atau panjang? Setelah jawabannya sudah kamu kantongi, jangan lupa sesuaikan dengan tren pasar agar keputusanmu tidak mengorbankan relevansi dengan audiens.

4. Buat List Agency Pilihan

Setelah menentukan jenis kebutuhan, sistem harga, dan tujuan yang ingin dicapai, saatnya menyeleksi digital agency terbaik versimu. Tolok ukurnya bisa dari segi jenis layanan, pengalaman industri, portofolio dan studi kasus, testimoni, hingga proses reporting.

Kalau kamu butuh creative digital agency Indonesia terbaik 2023, Idenya Flux bisa jadi kandidat yang kuat. Dengan pengalaman menangani ratusan klien dan ratusan campaign di berbagai industri, Idenya Flux akan melambungkan bisnismu dengan konsep marketing yang strategis dan penuh gebrakan.

5. Ajukan Permintaan Proposal dan Quotation

Terang-terangan menunjukkan harga memang bukan “budaya” yang umum bagi digital agency Indonesia. Oleh karena itu, kamu, sebagai calon klien, harus proaktif dan menginisiasi kebutuhanmu akan informasi harga.

Digital agency biasanya akan dengan senang hati mengirimkan proposal beserta estimasi harga dalam bentuk quotation jika diminta oleh calon klien. Pastikan kamu menghubungi dengan sopan dan menyampaikan kebutuhanmu dengan jelas agar tidak ada miskomunikasi.

6. Negosiasikan Harga

Klasik, tapi negosiasi adalah seni berbisnis yang sudah dijalankan sejak 200.000 tahun yang lalu. Sampaikan harga penawaran dan bangun diskusi untuk menemukan angka yang tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja.

7. Negosiasikan Sistem Pembayaran

Tanyakan dengan jelas bagaimana sistem pembayaran yang diberlakukan oleh digital marketing agency Indonesia pilihanmu. Apakah agensi hanya menerima pembayaran penuh atau tersedia payment plan untuk pembayaran berkala. Sesuaikan ini dengan ketersediaan dana dan keberlangsungan cash flow bagi bisnismu.

8. Jika Tidak Berhasil, Sesuaikan Scope Jasa

Sudah nego harga dan pembayaran tapi belum juga sesuai dengan budget? Ingin cari digital agency lain, tapi sudah telanjur “klik” dengan pilihanmu? Jalan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mempersempit cakupan layanan untuk aspek yang paling krusial saja. Misalnya, jika sebelumnya kamu membutuhkan full social media management, kamu bisa menurunkan kebutuhanmu hanya ke level pembuatan konten saja.

9. Atur Ekspektasi Secara Realistis

Jangan bebankan ekspektasi yang tak sanggup dipikul oleh budget yang kamu punya. Penting untuk tetap realistis dan fokus pada kelancaran eksekusi. Pastikan ekspektasi ini sudah dikomunikasikan secara terbuka dengan digital agency sebelum project dimulai.

 

Rekomendasi Digital Agency Terbaik di Indonesia 2023

Faktanya, upaya marketing yang direncanakan dengan matang bisa membawa kesuksesan hingga 331%. Idenya Flux sudah menyelesaikan ratusan campaign dengan hasil yang sepadan. Brand lokal hingga multinasional yang pernah/sedang menjadi klien Idenya Flux termasuk, XL Axiata, Uniqlo, Coway Indonesia, Tolak Angin, Kapal Api Group, Citilink, Mandiri, Flip, Pizza Hut, hingga Lion Parcel.

Mulai dari startup hingga megabrand, layanan full service dari Idenya Flux bisa kamu dapatkan. Mau tau lebih lanjut? Segera tuliskan brief atau komunikasikan langsung kebutuhanmu melalui WhatsApp Idenya Flux!



SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.