Kapan Bisnismu Butuh Jasa Advertising Agency Indonesia?

Tingkatkan visibilitas dengan jasa advertising agency. Kenali 7 hal yang menandakan kalau kamu sudah siap menggunakan jasa advertising agency Indonesia. Iklan, apa pun bentuknya, masih jadi cara paling efektif bagi brand untuk menarik perhatian target pasarnya. Masalahnya, tak semua tim in-house dibekali keahlian untuk memproduksi iklan sendiri. Inilah kenapa advertising agency Indonesia memegang peran yang krusial dalam industri kreatif dan pemasaran.

Menggunakan jasa advertising agency Indonesia bukanlah hal yang asing, terutama bagi brand multinasional dengan angka penjualan yang menggiurkan. Namun, apa kabar bisnis yang baru tumbuh dan masih bimbang apakah mereka butuh advertising agency atau tidak?

Ada beberapa cara untuk mengenali kapan saat yang tepat bagi bisnismu untuk mulai menggunakan jasa ad agency Indonesia. Semua akan dikulik secara lengkap di artikel ini. Kalau kamu merasa kondisimu saat ini sesuai dengan situasi dan kriteria di bawah ini, berarti memang sudah saatnya kamu mencari kandidat advertising agency terbaik di Indonesia!

Kenapa Bisnismu Butuh Jasa Advertising Agency Indonesia?

Pertanyaan besar yang perlu dijawab sebelum masuk pada “kapan” adalah “kenapa” bisnismu butuh jasa advertising agency Indonesia. Jawabannya sederhana, karena agensi iklan memiliki kapasitas untuk memaksimalkan iklan dengan proses yang seefisien dan seefektif mungkin, sehingga kamu bisa fokus pada operasional bisnis.

Jika diringkas, ada tiga poin utama kenapa jasa perusahaan iklan atau ad agency dibutuhkan oleh bisnismu.

  • Expertise: Advertising agency punya tim dengan pengetahuan dan pengalaman yang tinggi dalam merencanakan, menyusun strategi, hingga memproduksi iklan.
  • Efisien Waktu: Advertising agency Indonesia akan mengurus semua kebutuhan periklanan, marketing, hingga promosi. Tim internal bisnismu pun tidak harus membagi waktu dan fokus mereka.
  • Efisien Biaya: Advertising agency punya koneksi dan akses industri yang lebih luas. Dengan pengalamannya, ad agency bisa menawar harga vendor atau space iklan dengan lebih terjangkau.

 

 

 

 

 

Kapan Bisnismu Butuh Jasa Advertising Agency Indonesia?

Setiap bisnis memiliki tantangan dan kesulitannya sendiri-sendiri. Ada yang membutuhkan advertising agency Jakarta karena tim in-house sudah kewalahan. Ada juga yang membutuhkan jasa advertising agency Indonesia karena sedang ada upaya rebranding besar-besaran. Secara umum, berikut 4 jawaban dari kapan bisnismu membutuhkan jasa advertising agency Indonesia.

1. Saat launching produk baru

Mengenalkan produk baru ke pasar adalah proses yang gampang-gampang susah. Contohnya, kalau brand-mu sudah punya “fans” dan mulai dikenal oleh masyarakat, produk barumu pasti akan sangat dinantikan. Tapi apakah itu berarti campaign iklanmu sudah pasti sukses besar? Belum tentu.

Semakin tinggi minat pasar pada brand-mu, semakin tinggi pula ekspektasi yang harus kamu lunasi saat mempromosikan produk baru. Itu artinya, kamu harus memikirkan strategi, efektivitas, sekaligus menjaga prestise atau reputasi di saat yang bersamaan.

Di sinilah kamu membutuhkan peran advertising agency Indonesia. Kita ambil contoh Idenya Flux. Dengan pengalaman 17 tahun di industri kreatif, campaign-mu akan ditangani oleh tim yang kompeten. Materi iklan yang dihasilkan pun bisa meningkatkan awareness, edukasi, sekaligus brand building.

2. Saat rebranding

Lain cara mengenalkan produk baru, lain pula cara mengenalkan “persona” baru. Branding adalah hal yang sangat mendasar dalam marketing. Saat identitas bisnis sudah tidak relevan lagi, pesan yang diterima audiens pun akan kehilangan kekuatannya.

Perancangan rebranding membutuhkan perspektif expert yang objektif. Advertising agency Indonesia adalah solusi terbaik kalau kamu butuh perencanaan yang matang berikut ide-ide segar yang dapat mengundang tepukan meriah di pasar.

Advertising agency Indonesia akan membantumu merancang strategi yang paling efektif  untuk mengumumkan perubahan identitas, membangun kembali kepercayaan, memberikan edukasi, mengisi relevansi, dan menarik perhatian audiens.

3. Saat persaingan mengetat

Ekosistem bisnis bergerak dengan pesat. Entah bisnismu berada di industri yang kompetitif, atau hanya sedang mengalami kenaikan tren, upaya promosi dalam bentuk iklan sangat diperlukan. Kenapa?

Karena bisnismu harus punya cara untuk meningkatkan visibilitas, tampil lebih menonjol, mempertahankan pelanggan, dan merancang positioning yang strategis. Namun, memenangkan kompetisi tak akan bertahan lama jika hanya mengandalkan promosi.

Oleh karena itu, selagi tim advertising agency Indonesia memberikan kinerja terbaik dari segi periklanan, kamu dan tim internal bisa fokus memberikan kinerja terbaik dari segi pengembangan bisnis.

4. Saat tim in-house tidak memadai lagi

Tiap bisnis biasanya sudah punya tim tersendiri pada divisi marketing dan kreatif. Namun, ada saatnya mereka dihadapkan pada campaign besar di luar kapasitas mereka. Entah itu jumlah tenaga kerja yang tidak mencukupi, tingkat pengalaman yang kurang memadai, atau sumber daya yang belum mumpuni.

Kalaupun harus memaksakan diri tanpa advertising agency, bisnismu bisa saja berujung mengeluarkan biaya yang berlapis dan tidak efektif. Misalnya, alih-alih langsung fokus mengerjakan campaign, kamu mesti harus menyediakan pelatihan untuk karyawan terlebih dahulu. Prosesnya akan jauh lebih rumit dan tidak efisien.

 

7 Tanda Kamu Siap Menggunakan Jasa Advertising Agency Indonesia

Butuh belum tentu siap. Kamu dinyatakan sudah siap untuk menggunakan jasa dari digital advertising agency Indonesia kalau merasakan setidaknya 1 dari 7 tanda ini.

1. Kamu butuh hasil yang bisa diukur

Satu hal yang sudah pasti dimiliki oleh advertising agency adalah sistem yang terstruktur. Dengan sistem, semua campaign bisa diukur dan ditelusuri secara metrik dan performanya. Contoh paling umum adalah besaran impresi, reach, engagement, lead, hingga konversi.

Hasil yang terukur bisa mengarahkan bisnismu pada keputusan berbasis data yang valid dan bisa diandalkan. Secara biaya, kamu juga lebih mudah menakar budget dan memperhitungkan return-nya.

2. Kamu butuh ide kreatif yang segar

Tim in-house sudah berkutat dengan bisnismu berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun lamanya. Ini hal yang bagus, namun hampir bisa dipastikan, lambat laun mereka mulai kehilangan cara untuk memosisikan diri sebagai awam. Akan lebih sulit mengeksplorasi ide-ide kreatif yang segar tanpa bantuan pihak ketiga seperti creative advertising agency Indonesia. 

3. Kamu mengalami penurunan sales

Alasan paling kritis untuk segera menggunakan jasa advertising agency adalah penurunan sales secara konsisten. Kenapa? Karena ini menunjukkan upaya marketing yang kamu lakukan selama ini belum efektif. Sebelum situasinya mengarah pada kebangkrutan, segera cari bantuan advertising agency untuk menyelamatkan brand dan mendongkrak penjualan.

4. Kamu ingin menaikkan brand awareness

Keterbatasan brand awareness menunjukkan bahwa target audiens belum familier dengan produk atau brand-mu. Keputusan untuk membeli hanya mungkin terjadi setelah mereka tahu apa fungsi dan kelebihan suatu produk.

Mau tau siapa yang punya keahlian meningkatkan brand awareness dengan strategis dan efektif? Siapa lagi kalau bukan jajaran tim advertising agency Indonesia.

5. Kamu merasa bisnismu stagnan

Performa bisnis yang stagnan memang mencegahmu dari kebangkrutan. Namun, di sisi lain, stagnasi juga tidak akan membawa bisnismu berkembang. Sekarang waktunya untuk mengoptimalkan jasa creative advertising agency dan membawa pertumbuhan yang signifikan.

6. Kamu butuh perspektif yang objektif

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa orang yang pintar belum tentu bisa menjadi guru yang baik. Itu karena orang pintar tersebut sudah kehilangan objektivitasnya sebagai murid. Meski tim in-house sudah menguasai product knowledge, belum tentu mereka bisa merancang strategis yang relevan dan bisa diterima oleh target audiens.

7. Kamu ingin mengefisiensi prosesnya

Taruhlah kamu ingin memasang out of home (OOH) advertising seperti iklan billboard. Dengan bantuan dan pengalaman dari tim advertising agency Indonesia, kamu bisa saja mendapat penawaran yang menguntungkan saat media buying. Bandingkan betapa repot dan tidak efisiennya jika kamu harus melakukan semuanya sendiri.

 

Jasa Advertising Agency Indonesia: Idenya Flux

Kamu butuh advertising agency Indonesia yang bisa memenuhi semua kebutuhan marketing? Dirintis dengan nama Flux Design, Idenya Flux berpengalaman 17 tahun menangani ratusan klien dari brand lokal dan multinasional, termasuk XL Axiata, Uniqlo, Mandiri, hingga Tolak Angin.

Sukses mengerjakan ratusan campaign dari berbagai industri, Idenya Flux adalah full service agency yang dapat memberikan konsep dan materi iklan terbaik untuk bisnismu. Ingin tahu lebih lanjut tentang jasa advertising dari Idenya Flux? Segera kirimkan brief melalui idenyaflux.co.id atau langsung sampaikan kebutuhanmu via WhatsApp!

 

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.