In-House Marketing vs Digital Marketing Agency Indonesia: Mending Mana?

Mungkinkah kinerja in-house lebih unggul dari digital marketing agency Indonesia? Kalau pun iya, apakah itu akan sepadan dengan sumber daya yang dikeluarkan? Plus minus memanfaatkan marketing in-house versus menggunakan jasa digital marketing agency Indonesia selalu menjadi perdebatan yang menarik untuk dikupas.

Di satu sisi, in-house marketing unggul dari segi kemudahan kontrol dan kolaborasi internal. Namun di sisi lain, digital marketing agency Indonesia mampu mengutus tim dan teknologi terbaik untuk skala campaign yang besar sekalipun.

Secara umum, manfaatkanlah tim in-house marketing jika bisnismu masih dalam masa pertumbuhan. Dan pertimbangkan jasa digital agency saat bisnismu sudah siap untuk scale up, dengan catatan, kamu harus tahu cara memilih digital marketing agency yang tepat.

 

Apa Itu In-House Marketing?

In-house marketing adalah segala upaya pemasaran yang ditangani oleh karyawan atau tim internal suatu perusahaan. Artinya, alih-alih menggunakan jasa pihak ketiga, perusahaan sepenuhnya mengandalkan tim bentukan yang sudah ada.

Umumnya, orang-orang di balik campaign marketing in-house berada di departemen atau divisi pemasaran. Namun, tak menutup kemungkinan mereka juga berkolaborasi dengan tim internal lain, misalnya divisi kreatif.

 

Apa Itu Digital Marketing Agency Indonesia?

Digital marketing agency adalah penyedia jasa yang dibayar oleh perusahaan untuk mengelola aktivitas online marketing mereka. Digital marketing agency Indonesia bertugas membuat perencanaan, merancang strategi, hingga mengeksekusi aktivitas digital marketing yang dibutuhkan oleh klien.

Di dalam digital marketing agency terdapat tim yang terdiri dari website designer, copywriter, graphic designer, social media marketing manager, hingga digital marketing specialist.

 

Plus-Minus In-House Marketing

Idealnya, in-house marketing terdiri dari tim yang solid karena mereka bekerja atas visi dan tujuan perusahaan yang sama. Tapi apakah itu cukup untuk menjamin upaya marketing yang maksimal? Mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya satu per satu.

Kelebihan In-House Marketing

Simak 6 hal yang menjadi kelebihan in-house marketing ketimbang menggunakan jasa digital marketing agency Indonesia.

1. Transparansi dan kontrol langsung kepada tim

Posisi tim in-house marketing sebagai bagian internal perusahaan memudahkan monitoring, sehingga semua prosesnya berjalan dengan transparan.

2. Kolaborasi internal mudah

Karena berada di lingkungan yang sama, kesesuaian budaya perusahaan dan kemudahan akses untuk interaksi langsung membuat kolaborasi internal jauh lebih gampang.

3. Fokus tim terdedikasi

Orang-orang di balik in-house marketing datang dan bekerja untuk menjalankan pemasaran perusahaan mereka sendiri. Dengan fokus yang tunggal, tujuan yang ditargetkan pun akan lebih terarah.

4. Sudah mengenal perusahaan luar-dalam

Kamu tak perlu menjelaskan panduan branding, origin story, product knowledge, sampai filosofi di balik logo perusahaan kepada tim internal.

5. Minim konflik kepentingan

Tim in-house marketing memiliki tujuan yang sama untuk kesuksesan perusahaan. Berbeda dengan tim digital marketing agency yang memiliki fokus berlapis agensi tempatnya bekerja dan juga untuk klien.

Kekurangan In-House Marketing

In-house marketing tak selalu jadi pilihan yang efisien. Kadang, menggunakan jasa pihak ketiga menyelamatkan waktu, tenaga, dan perhatianmu dari kerumitan proses di belakang layar.

1. Initial cost tinggi

Estimasikan biaya langganan software, harga kamera canggih untuk produksi materi pemasaran, hingga properti dan kebutuhan studio. Belum lagi biaya untuk membayar vendor jika ada kebutuhan mendadak yang belum bisa dipenuhi sendiri. Secara operasional, digital marketing agency adalah cara untuk menghemat budget marketing.

2. Minim perspektif baru

Menguasai branding dan product knowledge datang dengan risiko minimnya perspektif dan kreativitas yang segar. Berbeda dengan tim digital marketing agency yang terlatih menggali sisi kreatif untuk klien.

3. Keterbatasan pengalaman dan diversitas skill

Digital marketing agency seperti Idenya Flux punya portofolio untuk menjamin spesialisasinya di bidang marketing, lengkap dengan deretan klien ternama. Otomatis, ini jadi poin plus yang tidak dimiliki in-house marketing.

4. Kesulitan dalam talent recruitment

Mencari talent untuk in-house lebih sulit ketimbang mencari talent untuk membentuk tim dalam digital marketing agency. Alasannya, karena jabatan di in-house marketing cenderung menarik banyak kandidat umum ketimbang spesialis, sehingga proses recruitment dapat lebih panjang.

5. Keterbatasan sumber daya untuk campaign besar

Realistis saja, campaign besar memerlukan teknologi dan tenaga kerja yang besar pula. Dibandingkan dengan digital marketing agency, tim in-house biasanya lebih kecil.

 

Plus-Minus Digital Marketing Agency Indonesia

Apakah menggunakan jasa digital marketing agency selalu menjadi ide bagus? Belum tentu. Dalam beberapa kondisi, terutama untuk skala bisnis yang masih kecil, memanfaatkan tim in-house adalah opsi yang lebih disarankan.

Kelebihan Digital Marketing Agency Indonesia

Apa saja kelebihan digital marketing agency dibandingkan dengan in-house marketing? Berikut penjelasannya.

1. Pengalaman dan spesialisasi menjamin

Agensi sudah jauh lebih mengenal industri digital marketing, baik dari segi kreatif, maupun dari segi ekosistem bisnis. Dengan pengalaman dan kemampuan ini, tim digital marketing agency akan menyusun strategi dan taktik yang paling efektif untuk bisnismu.

2. Efisien waktu dan tenaga

Rangkaian campaign digital marketing bisa sangat menguras tenaga dan waktu. Jika bagian ini diambil alih oleh digital agency Indonesia, kamu dan tim internal bisa fokus pada pengembangan bisnis yang lebih mendasar.

3. Hasil lebih cepat

Terbiasa bekerja dengan target dari klien melatih tim digital agency untuk memberikan hasil yang optimal dalam kurun waktu yang lebih pesat. Selain itu, agensi juga lebih detail dalam analisis dan reporting sehingga hasil kinerja bisa lebih terukur.

4. Akses tools dan teknologi terkini

Agensi juga bersaing dengan agensi lain di industri yang sama. Agar tetap relevan dan menjaga kinerja, digital agency terbaik sangat memperhatikan tools dan teknologi yang digunakan. Kamu bisa menghemat jutaan rupiah karena tidak harus melakukan upgrade dengan biaya sendiri.

5. Perspektif segar

Perspektif pihak ketiga berpotensi lebih besar dalam memberikan ide kreatif yang segar dan objektif. Jika konsep marketing bisnismu mulai membosankan dan itu-itu saja, mungkin ini saatnya menggunakan jasa creative digital marketing Indonesia.

Kekurangan Digital Marketing Agency Indonesia

Meski lebih efisien dan menjamin hasil yang memuaskan, menggunakan jasa digital marketing juga memiliki poin minusnya tersendiri. Berikut beberapa kekurangan digital marketing agency ketimbang tim in-house marketing,

1. Tidak ada kontrol langsung ke tim

Digital marketing agency adalah perusahaan terpisah yang berdiri sendiri, memiliki kantornya sendiri, dan memiliki struktur organisasinya sendiri. Dibandingkan in-house marketing, mengontrol proses oleh agensi relatif lebih sulit.

2. Kendala komunikasi

Dalam beberapa situasi, komunikasi antara agensi dan perusahaan biasanya dilakukan secara berlapis. Artinya, komunikasi mungkin harus dilakukan secara tidak langsung melalui representasi perusahaan atau agensi. Selain itu, perbedaan budaya perusahaan juga rentan menyebabkan miskomunikasi.

3. Fokus terbagi

Digital marketing agency umumnya tidak hanya bekerja untuk satu klien saja. Berbeda dengan in-house marketing yang mendedikasikan diri untuk kepentingan perusahaan.

 

Jasa Digital Marketing Agency Indonesia Terbaik 2023

Kamu orang yang paling mengenal bisnismu sendiri. Dan kalau ada yang paling tahu tentang kapan harus menggunakan jasa agensi, orang tersebut adalah dirimu sendiri.

Yang jelas, kapan pun itu, Idenya Flux siap memberikan campaign marketing terbaik untuk mengoptimalkan visibilitas dan penjualan bisnismu.

Tertarik untuk kerja sama? Atau mau tau detailnya lebih lanjut? Segera kirimkan brief melalui idenyaflux.co.id atau langsung sampaikan kebutuhanmu via WhatsApp!

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.