Pilih Creative Agency Indonesia yang Bisa Berikan 5 Hal Ini

Tak jarang brand besar bergonta-ganti creative agency Indonesia karena ekspektasi yang semula diharapkan tak mampu dipenuhi. Mulai dari sistem kerja yang tidak efisien, komunikasi antar-tim yang buruk, hingga strategi yang lemah dan tak membawa dampak yang signifikan.

Agar tak buang-buang waktu, pastikan sudah kamu tahu cara memilih creative agency sesuai budget dan kebutuhan bisnismu. Simak artikel ini sampai habis untuk mengasah ketelitianmu ketika mencari agensi kreatif terbaik untuk campaign mendatang.

 

5 Kriteria Creative Agency Indonesia Terbaik untuk Bisnismu

Predikat creative agency terbaik di Indonesia dapat kamu putuskan sendiri berdasarkan mampu atau tidaknya mereka dalam memberikan 5 hal esensial untuk bisnismu. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Brand Strategy yang Jelas

Brand strategi yang jelas menunjukkan bahwa creative agency benar-benar mendedikasikan diri untuk mengenali bisnismu secara mendalam. Ide kreatif yang selaras dengan semua aspek bisnismu berasal dari brand strategi yang jelas.

Biasanya, creative agency Indonesia yang seperti ini akan memulai project dengan pengembangan roadmap yang detail terkait positioning yang relevan bagi target audiens. Dengan dasar yang solid, output strategi yang dihasilkan pun lebih komprehensif, mulai dari elemen visual hingga copywriting.

Brand strategi yang jelas akan memudahkanmu stand out di antara lautan kompetitor. Dan yang lebih penting, ini akan jadi panduan jangka panjang untuk mengembangkan konsep kreatif yang konsisten dan on-brand.

2. Keputusan Berbasis Data

Jangan salah, meskipun bergelar “creative agency”, keputusan yang diambil juga perlu didukung dengan data dan riset pasar. Kenapa? Karena untuk bisa diterima sebagai inovasi yang baru, bisnismu perlu memenuhi standar “relevan” pada skala tertentu.

Selain itu, kreativitas juga memerlukan strategi karena, pada akhirnya, aspek bisnislah yang mempertahankan keberlangsungan usaha. Untuk membuat keputusan berbasis data, creative agency Indonesia perlu melakukan pengumpulan data, analisis, interpretasi, dan implementasi pada strategi.

Mau tahu seberapa pentingnya ini untuk bisnismu? Berikut 4 manfaat dari pengambilan keputusan berdasarkan data:

  • Targeted campaign karena keputusan berbasis data bisa dipakai untuk mempersonalisasi campaign.
  • ROI (return on investment) lebih optimal karena analisis data bisa “menyelamatkan” bisnismu dari pengeluaran yang sudah terbukti tidak efektif.
  • Peningkatan customer experience karena dapat mengenali keluhan dan masalah umum yang dihadapi customer dengan seakurat mungkin.
  • Hasil bisa diukur karena KPI (key performance indikator) ditelusuri dan di-monitor secara real time. Penyesuaian juga bisa dilakukan secara langsung begitu ada tren yang berubah.

3. Reporting Secara Berkala

Green flag utama dari creative agency adalah inisiatif mereka untuk memberikan hasil laporan, baik itu saat project sedang dikerjakan atau sesaat setelah project selesai. Semakin detail laporan yang mereka berikan, semakin terukur pula dampak kreatif yang mereka berikan.

Transparansi semacam ini menunjukkan bahwa creative agency tersebut cukup kredibel, berpengalaman, dan peduli dengan keberlangsungan bisnismu. Nantinya, report yang mereka berikan bisa kamu manfaatkan untuk banyak kepentingan, termasuk untuk:

  • mengevaluasi performa campaign,
  • membaca peluang baru,
  • membuat keputusan berbasis data,
  • mengukur hasil yang ditargetkan,
  • memperhitungkan ROI.

4.  Hasil yang Dapat Diukur

Di industri yang sangat dinamis ini, penting untuk tahu apakah setiap langkah bisnis bisa diukur, dianalisis, dan disesuaikan untuk mencapai hasil terbaik.

Selain untuk memproyeksikan budget dengan efektif, hasil yang bisa diukur juga akan meningkatkan daya saing. Pastikan creative marketing agency Indonesia pilihanmu mampu memberikan hal ini.

5. Solusi Berdasarkan Kebutuhan

Tak ada strategi yang cocok untuk semua klien. Belum lagi kalau kita bicara soal perbedaan industri, segmen pasar, harga, jenis produk, unique selling point (USP), hingga spesifikasi kendala dan masalah yang sedang dihadapi.

Kriteria ini bisa dikenali bahkan sebelum kamu memutuskan untuk bekerja dengan suatu creative agency. Di tahap awal saat initial meeting, creative agency yang siap memberikan solusi berdasarkan kebutuhanmu biasanya sangat proaktif dan bertanya banyak tentang kendala, masalah, serta mana saja upaya yang berhasil dan mana yang tidak.

Tipe creative agency Indonesia yang seperti ini lebih peka pada strategi yang efektif karena tinggi komitmen mereka untuk mengenali akar masalahnya sejak awal.

 

Apa Itu Perusahaan Creative Agency?

Creative agency adalah perusahaan jasa yang khusus menyediakan layanan kreatif, termasuk branding, design, marketing, dan advertising. Creative agency terdiri dari tim spesialis yang menyusun rencana sekaligus mengeksekusi strategi marketing kliennya.

Tak hanya brand besar dan perusahaan multinasional, klien yang memakai jasa creative agency juga banyak berasal dari segmen korporasi, startup, perorangan (public figure), hingga UMKM atau bisnis berskala kecil.

 

Apa yang Dilakukan Creative Agency?

Secara umum, creative agency mengerjakan semua yang berkaitan dengan perencanaan sekaligus eksekusi seputar advertising, marketing, dan branding. Beberapa hal yang dilakukan tim creative agency termasuk:

  • Melakukan riset pasar secara ekstensif;
  • Merancang dan mematangkan strategi;
  • Memproduksi desain, ilustrasi, foto, atau video;
  • Memberikan art direction;
  • Menulis copy iklan/branding;
  • Memasang materi promosi/iklan/branding.

 

Digital Agency vs Creative Agency, Apa Bedanya?

Ada 2 perbedaan utama antara digital agency dan creative agency, yaitu berdasarkan fokus layanan dan jenis channel-nya.

 

  • Fokus Layanan: Meski keduanya masih sama-sama bergerak di industri advertising dan marketing, digital agency lebih fokus menyediakan layanan digital marketing dari kacamata strategi. Di sisi lain, creative agency lebih identik dengan visual design, branding, dan brand image yang (sesuai namanya) lebih banyak melibatkan kreativitas.
  • Jenis Channel: Sesuai namanya, digital agency khusus menyediakan layanan marketing berbasis digital. Sedangkan jasa creative agency tidak hanya terpaku pada platform digital, namun juga dapat ditujukan untuk kanal tradisional, misalnya iklan media cetak.

 

 

Apa Perbedaan Marketing Agency dan Creative Agency?

Perbedaan utama antara marketing agency dan creative agency ada pada output dan tujuan. Marketing agency memberikan output berupa strategi dan eksekusi campaign marketing yang tujuannya jelas, yaitu meningkatkan ROI (return on investment) dan penjualan.

Sedangkan creative agency memberikan output berupa branding, desain, brand image, hingga video komersil dengan tujuan yang lebih luas, termasuk untuk menciptakan dampak kreatif dan visual pada branding, marketing, maupun advertising.

Dari segi strategi dan pengambilan keputusan, marketing agency menitikberatkan pada riset pasar. Sementara creative agency lebih fokus pada aspek kreatif dan emosi yang sesuai dengan nilai dan identitas brand.

 

Rekomendasi Creative Agency Indonesia Terbaik 2023

Memang banyak pilihan creative agency maupun advertising agency di Indonesia. Namun hanya segelintir saja sanggup memberikan kinerja terbaik dengan layanan prioritas. Sudah berpengalaman selama 17 tahun di industri kreatif Indonesia, Idenya Flux telah mencatatkan brand-brand besar di dalam portofolio, termasuk Uniqlo, XL Axiata, Cimory, Tolak Angin, Orang Tua Group, Coway Indonesia, Flip, Citilink, Mandiri, AIA, Colorbox, hingga Pizza Hut.

Sebagai informasi, Idenya Flux adalah creative agency Jakarta yang menyediakan layanan untuk startup, bisnis, dan brand di seluruh Indonesia. Butuh jasa creative advertising, social media management, video commercial, hingga digital advertising? Segera kirimkan brief melalui idenyaflux.co.id atau langsung sampaikan kebutuhanmu via WhatsApp!

 

SEND
YOUR
BRIEF
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.